blog single post
Pulau Kelor / herwinbahar.com
Jalan - Jalan

Pulau Kelor, “Permata” Wisata di Labuan Bajo

PANAS, lelah, kaki pegal dan badan gosong, adalah salah satu efek traveling dan sailing di Labuan Bajo. Tapi, semuanya akan terbayar dengan pemandangan indah yang kita dapatkan di sejumlah objek wisata yang ada.

Oh iya, disini aku mau bercerita tentang pengalaman melakukan traveling di beberapa objek wisata yang ada di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Salah satunya di Pulau Kelor yang kini menjadi taman wisata nasional.

Kalau aku boleh sebut, Pulau Kelor ini salah satu permata wisata yang ada di Indonesia. Tempatnya begitu indah dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata loh. Cukup dengan kalian merasakan berada di tempat ini, baru bisa mengetahui kenapa dikatakan salah satu permata wisata.

Tapi jangan langsung senang dulu yah. Untuk mengunjungi tempat ini, kalian harus melalui berbagai rintangan (hehe kayak uji ketangkasan).

Pulau Kelor terkenal dengan spot yang extrem dan menantang. Kalian harus mendaki untuk sampai ke puncak dan mendapatkan spot foto yang menarik. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan fisik dan mental yah.

Kalau tidak salah, kemiringan untuk pendakian sekitar 60 derajat. Sehingga, memang harus ekstra hati-hati untuk bisa naik ke puncaknya.

Tidak hanya itu saja yang bisa kalian lakukan di pulau yang masih terbilang sepi ini. Spot pantai dengan pasir putih yang bersih bisa kalian jadikan tempat berselfie yang bagus.

Nah, kalau kalian yang suka dengan berenang atau snorkeling, di tempat ini juga sangat bagus loh. Airnya yang begitu jernih akan membuat mata kalian tidak akan berhenti menikmati indahnya alam bawa laut.

Bahkan, sudah banyak bule yang datang hanya sekadar untuk snorkeling di tempat ini. Cukup menarik bukan?

Kabarnya, dulu Pulau Kelor merupakan tempat persinggahan para nelayan atau kapal-kapal besar dari flores untuk sekadar singgah beristirahat. Itu karena tempatnya yang begitu alami dengan gugusan pulau-pulau lain yang ada di sekitarnya.

Airnyanya jernih dengan ombak yang tenang, membuat tempat ini memang menjadi permata baru di Labuan Bajo, NTT. Tapi jangan lupa, jika kalian ingin ke Pulau Kelor, siapkan juga makanan atau minuman yah untuk bekal kalian hiking.

Tapi yang paling penting, jangan sekali-kali untuk membuang sampah sembarangan. Tetaplah menjaga kelestarian dan kebersihan setiap lokasi wisata yang kalian kunjungi.

Tertarik ke tempat ini? Lokasinya tidak begitu jauh dari Pelabuhan Labuan Bajo loh. Hanya sekira 1 jam menggunakan kapal biasa atau 30 menit menggunakan speedboat. (*)

Comments