blog single post
Memotret di alam
Tips Photo

Cara Dapat Dollar Melalui Hobi Fotografi

SENANG memoret dan ambil foto keren? Nah, tulisan kali ini tentang bagaimana mendapat income tambahan buat kalian para traveller yang juga punya hoby fotografi.

Mungkin diantara kalian ada yang sudah tahu tentang Microstock atau stock foto yang kita kirimkan ke agency foto atau video. Diantaranya ada Shutterstock, istock, dreamstime, getty images, pond5, blackbox, Adobe stock dan lainnya.

Namun untuk kalian ketahui, saya membahas hal ini bukan berarti saya sudah ahli atau expert dalam stock foto. Tentunya, masih jauh dari harapan. Namun setidaknya, bisa menjadi remokendasi buat kalian yang ingin menambah penghasilan dari jalan-jalan atau traveling dengan menjual foto-foto terbaik kalian.

Saya sendiri mengetahui dan ikut dalam stock foto ini baru sekitar dua tahun lebih dan alhamdulillah sudah beberapa kali mendapatkan income dalam dollar. Meskipun masih terbilang standar namun setidaknya foto-foto yang diambil saat traveling tidak hanya menumpuk di folder atau di ponsel, namun bisa menghasilkan uang.

Apa sebenarnya microstock atau stock foto itu?

Secara garis besar, microstock adalah bisnis online untuk mendapatkan extra income atau pemasukan ekstra dari perusahaan atau agensi microstock. Perusahaan ini menyediakan berbagai macam foto, ilustrasi dan video dalam bentuk Royalti free.

Singkatnya, kalian mengirimkan foto, video atau ilustrasi ke agency yang kemudian setelah di setujui, makan akan dipasarkan ke semua pelanggan agency. Mereka yang membeli foto, video atau ilustrasi kalian akan mendownloadnya dan kalian mendapat bayaran atau komisi dalam bentuk dollar. Gampang bukan..!

Lalu.. kalau kalian bertanya, agency apa yang paling banyak incomenya?? Menurut saya itu tergantung. Karena setiap agency punya komisi yang berbeda-beda. Namun, saya sendiri sangat merekomendasi untuk kalian yang pemula bisa mendaftar di Shutterstock.

Shutterstock sendiri merupakan salah satu agency stock terbesar di dunia. Pelanggannya juga banyak dan foto-foto kalian bisa cepat terjual di sini.

Lalu … Foto-foto apa saja yang laku terjual? Jawabannya banyak.. kalian bisa foto traveling, pantai, gunung, orang, sunset, aktivitas orang, makanan, minuman, café dan lainnya.

Jika kalian punya pertanyaan, silakan isi kolom komentar yah….!!

Comments