blog single post
Tekstur baksomangkok
Review Kuliner

Jadi Penasaran dengan Bakso Mangkok di Pangkep

SUDAH lama saya mendengar tentang Bakso Mangkok. Bakso yang bentuk dan teksturnya lain dari bakso pada umumnya. Ada yang besar dengan bentuk seperti mangkok abang-abang bakso.

Namanya juga makanan unik, pastilah banyak yang tertarik untuk mencobanya. Salah satunya saya yang memang sudah doyan makan bakso.

Akhirnya, saya berkesempatan lewat di Jalan Poros Pangkajene-Makassar. Ternyata, di depan Rumah Sakit Umum Pangkep, ada warung yang menjual bakso mangkok. Namanya Warung Bakso Mangkok “Mas Unyil”.

Saya tidak tahu kenapa dikatakan Mas Unyil, apakah karena orangnya seperti unyil.. hehehehe..(becanda). Ternyata, warung Bakso Mangkok Mas Unyil ini sederhana sekali. Bertempat di rumah toko(ruko) yang masih berstatus kontrak atau sewa. Luas ruangannya cukup memadai dengan beberapa meja untuk para pengunjung bisa menikmati berbagai menu yang disediakan di tempat ini.

Bakso Mangkok

Penasaran dengan bakso mangkok, saya kemudian memesan bakso mangkok yang menjadi menu favorit di tempat ini. Dari bentuknya, bakso meangkok ini terbilang unik dengan menu daging yang dibentuk sedemian rupa hingga membentuk mangkok.

Di dalamnya terdapat beberapa bakso kecil, kuah dan tentunya mie yang sudah siap untuk disantap. Betul-betul membuat kita ingin segera menyantapnya.

IMG_9231

Di warung ini, bukan hanya ada menu bakso mangkok saja. Ternyata banyak juga menu lainnya yang unik-unik di sesuaikan dengan bentuk. Antara lain, ada bakso cinta dengan daging bakso yang dibentuk seperti “love”. Ada puna bakso bambu runcing, pangsit mangkok dan lainnya.

Menurut salah seorang karyawan bernama Mas Dwi, khusus warung Bakso Mangkok “Mas Unyil” yang berada di Jalan Poros Pangkajene-Makassar ini baru ada sejak September 2017. Sebelumnya, warungnya berada di Kabupaten Maros. Ini cabang kedua setelah sebelumnya sudah ada di Jalan Poros Tonasa 2 yang sudah hampir setahun berdiri.

“Bakso mangkok ini baru satu bulan di kota Pangkajene, sebelumnya di Kabupaten Maros. Alasan kami pindah karena sewaktu di Maros letaknya bukan di jalan poros sehingga agak susah dijangkau pelanggan,” kata Mas Dwi.

Memang, salah satu penentu larisnya warung makan atau tempat jualan adalah akses transportasi yang baik. Tentunya, warung makan yang mudah dijangkau atau berada di poros jalan setidaknya akan lebih mudah mearik bagi pelanggan.

Namun yang utamanya adalah, rasa dari menu yang disajikan. Jika tempatnya sudah bagus, menu yang sudah enak, tentunya akan makin banyak yang datang.

Ternyata memang, rasa bakso mangkok ini lumayan enak loh. Mungkin karena saya penikmat bakso, jadi setiap makan bakso memang selalau mengatakan enak rasanya. heheehe…!!

Menurut kalian yang pernah mencoba bakso mangkok, gimana guys..??

Comments